CATATAN BELAJAR TEKANAN HIDROSTATIS

Daftar Isi:

1.    Konsep Massa Jenis

Massa jenis merupakan kerapatan suatu zat atau benda. Bagaimana cara mengetahui massa jenis dari suatu benda? Caranya dengan membagi massa benda tersebut dengan volumenya. Jika dituliskan ke dalam rumus akan menjadi seperti ini:

CATATAN BELAJAR TEKANAN HIDROSTATIS
Rumus massa jenis

Simbol ρ dibaca rho, merupakan simbol dari massa jenis. Massa jenis juga merupakan karakteristik atau sifat khas suatu zat yang membedakan suatu zat dengan zat lainnya. Contohnya, air dan minyak memiliki nilai massa jenis yang berbeda meskipun keduanya berupa zat cair. Tabel di bawah ini menunjukkan nilai massa jenis dari beberapa zat.

CATATAN BELAJAR TEKANAN HIDROSTATIS
Tabel massa jenis beberapa zat dan konversinya (MKS ke CGS)

Pada zat cair, massa jenis dapat diukur dengan menggunakan alat bernama hidrometer.

 

2.    Konsep Tekanan Hidrostatis

Tekanan hidrostatis merupakan tekanan yang dialami zat cair dalam keadaan diam karena zat cair itu sendiri. Jika dianalogikan dengan rainbow cake, berat dari tiap lapisan cake akan menekan lapisan di bawahnya. Sehingga lapisan paling bawah akan menerima tekanan paling besar.

 

CATATAN BELAJAR TEKANAN HIDROSTATIS
Lapisan rainbow cake sebagai analogi dari lapisan air

Setiap komponen cake pada lapisan kedalaman yang sama, maka besar tekanannya adalah sama.


3.    Rumus Tekanan Hidrostatis

Tekanan hidrostatis bergantung pada tiga hal, yaitu massa jenis zat cair, percepatan gravitasi, dan kedalaman. Kedalaman diukur dari bagian permukaan zat cair paling atas.

CATATAN BELAJAR TEKANAN HIDROSTATIS
Cara mengukur kedalaman

Secara matematis, tekanan hidrostatis dirumuskan sebagai berikut:

CATATAN BELAJAR TEKANAN HIDROSTATIS
Rumus tekanan hidrostatis

Nilai tekanan hidrostatis berbanding lurus dengan massa jenis zat cair, percepatan gravitasi, dan kedalaman. Artinya, semakin besar nilai ketiga faktor tersebut akan semakin besar pula nilai tekanan hidrostatisnya.

 

4.    Contoh Soal Tekanan Hidrostatis

Sebuah akuarium berisi dua ekor ikan dan berenang pada kedalaman yang berbeda seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut. Jika akuarium berisi air setinggi 70 cm, maka berapakah masing-masing tekanan yang dirasakan oleh ikan berwarna jingga dan hijau tersebut? (massa jenis air 1000 kg/m3 dan percepatan graviatsi 10 m/s2)

CATATAN BELAJAR TEKANAN HIDROSTATIS
Ilustrasi contoh soal tekanan hidrostatis pada ikan di akuarium


Penyelesaian

Diketahui:

h ikan jingga = 20 cm

h ikan hijau = 40 cm

ρ = 1000 kg/m3

g = 10 m/s2

Ditanyakan: Ph ikan jingga dan Ph ikan hijau?

Jawab

 
CATATAN BELAJAR TEKANAN HIDROSTATIS

CATATAN BELAJAR TEKANAN HIDROSTATIS


5.   Untuk Apa Belajar Tekanan Hidrostatis, Pentingkah di Kehidupan?

Memiliki pemahaman tentang tekanan hidrostatis bisa membuat kamu menjadi lebih kritis ketika ada dorongan hati untuk melakukan hal di luar nalar. Seandainya suka menghalu sebagai titisan manusia ikan/aquaman/aquagalon dan ingin menyelam menuju dasar lautan, setelah membaca catatan belajar materi tekanan hidrostatis ini akan tersadar dari dunia kehaluan.

Jika teman lucknut mengajak taruhan siapa yang paling dalam menyelam untuk mencetak rekor, kamu bisa berpikir kritis apakah tubuh kamu bisa kuat dan tahan mendapatkan tekanan hidrostatis yang akan kamu rasakan di kedalaman tertentu.

Bendungan PLTA yang produk listriknya bisa kita nikmati sampai hari ini menerapkan konsep tekanan hidrostatis. Bendungan dibuat dengan design makin ke bawah makin tebal agar dapat menahan tekanan hidrostatis dari air.

CATATAN BELAJAR TEKANAN HIDROSTATIS
Sumber: dok. Kementrian PUPR

Penerapan atau aplikasi lainnya dari tekanan hidrostatis adalah cairan infus yang digantung. Cairan infus paling bawah mengalami tekanan hidrostatis paling besar sehingga dapat masuk lebih mudah ke dalam aliran darah.

 

6.    Latihan Soal Tekanan Hidrostatis

  1. Seekor ikan berenang di kedalam 50 meter di laut. Jika massa jenis air laut adalah 1200 kg/m3 dan percepatan gravitasi 10m/s2, maka besar hidrostatis yang dirasakan ikan adalah....
  2. Sebuah akuarium berisi berbagai macam jenis hewan laut seperti pada gif di bawah ini. Urutkanlah hewan yang mendapatkan tekanan hidrostatis dari yang terbesar hingga terkecil!

CATATAN BELAJAR TEKANAN HIDROSTATIS
Ilustrasi soal latihan tekanan hidrostatis pada hewan air di akuarium




Silakan tulis jawabannya di kolom komentar ya و( ᐛ )و

Sekian catatan belajar materi tekanan pada zat padat. Semoga bermanfaat (و •̀ ᴗ•́ )و



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan terbaru

CATATAN BELAJAR HUKUM ARCHIMEDES

Daftar Isi: Hukum Archimedes Konsep Gaya Apung Cara Menghitung Gaya Apung dari Bagian Volume Benda yang Tercelup Cara Menghitung Ga...