CATATAN BELAJAR TEKANAN ZAT PADAT

Daftar Isi:

1.    Konsep Tekanan

Saat kamu berdiri di atas kasur dan rebahan, apakah kamu memperhatikan mana yang lebih dalam bagian kasur yang ditekan? Kalau belum coba dulu deh, pasti lebih dalam ketika kalian berdiri dibanding rebahan. Selamat kalian sudah menerapkan konsep Fisika, yaitu tekanan. Ketika rebahan, kasur lebih sedikit mendapatkan tekanan dibandingkan ketika kita berdiri di atasnya. Mungkin inilah alasan mengapa kasur lebih suka kalau kita rebahan. ≖‿≖

Konsep tekanan dapat dijelaskan dengan penyebaran gaya pada luas suatu permukaan. Jika besar gaya yang sama diberikan pada luas A dan B, maka tekanan yang diterima pada luasan A lebih besar dibandingkan dengan luasan B. Why? Yup, karena luasan A lebih kecil dibandingkan luasan B.

CATATAN BELAJAR TEKANAN ZAT PADAT
Saat berdiri luas permukaan kecil

CATATAN BELAJAR TEKANAN ZAT PADAT
Saat rebahan luas permukaan besar


Jika luasan A mendapatkan gaya 5 kali lipat gaya semula, maka tekanan yang didapat luasan A menjadi 5 kali lipat dari tekanan semula alias lebih besar. Sebuah petuah netizen mengatakan bahwa; “jangan kebanyakan gaya, nanti lebih tertekan” itu benar (untuk kasus ini). Makin banyak gaya, makin tertekan alias makin besar tekanannya.


2.    Rumus Tekanan

CATATAN BELAJAR TEKANAN ZAT PADAT
Rumus tekanan


Keterangan rumus:

P = tekanan {N/m2 atau pascal (Pa)}

F = gaya (N)

A = luas bidang tekan (m2)

Tekanan berbanding lurus dengan gaya, makin besar gaya makin besar tekanan yang diterima suatu bidang permukaan. Sebaliknya, tekanan berbanding terbalik dengan luas bidang tekan, makin besar luas bidang tekan makin kecil tekanan yang diterima bidang permukaan tersebut.


3.    Contoh Soal Tekanan

Seekor kecoa yang luas badannya 0,0003 m2 berlalu lalang di depan Fajar. Karena gemas, Fajar menginjak kecoa tersebut dengan gaya 6 N. Berapakah tekanan yang diterima kecoa yang (menjadi) gugur tersebut?

Penyelesaian

Diketahui:

Luas bidang tekan adalah luas badan kecoa, A = 0,0003 m2

Gaya tekan, F = 6 N

Ditanyakan: P?

Jawab

CATATAN BELAJAR TEKANAN ZAT PADAT
Kecoa mendapatkan tekanan sebesar 20.000 N/m2.

 

4.    Latihan Soal Tekanan

Sri memakai high heels ketika ke pasar kaget bersama Tati. Sedangkan Tati memakai sepatu kets. Keduanya melewati tanah lumpur dan meninggalkan jejak. Luas jejak high heels Sri kaki kiri adalah 0,05 m2, sementara jejak sepatu kets kaki kiri Tati adalah 0,75 m2. Jika keduanya memberikan gaya 600 N, maka berapakah masing-masing tekanan yang diberikan kaki kiri Sri dan Tati pada tanah lumpur yang dilewati tersebut?

 

Silakan tulis jawabannya di kolom komentar ya و( ᐛ )و

 

Sekian catatan belajar materi tekanan pada zat padat. Semoga bermanfaat (و •̀ ᴗ•́ )و








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan terbaru

CATATAN BELAJAR HUKUM ARCHIMEDES

Daftar Isi: Hukum Archimedes Konsep Gaya Apung Cara Menghitung Gaya Apung dari Bagian Volume Benda yang Tercelup Cara Menghitung Ga...