1. PENGERTIAN BELAJAR
Apa itu belajar? Kata ini sangat familiar sejak masa
kanak-kanak hingga dewasa. Sebagai manusia, kita tidak boleh berhenti belajar
hal-hal baru untuk menambah wawasan dan pengetahuan, baik yang berhubungan
dengan sosial maupun ilmu praktis yang nantinya akan berguna bagi kita dalam
menjalankan profesi. Namun, apa itu arti belajar dalam bidang pendidikan,
khususnya bagi para peserta didik?
Beberapa ahli memiliki pendapat tersendiri tentang arti
belajar. Dalam bukunya, The Accelerated Learning Fieldbook, Roussel menyatakan
bahwa belajar atau learning adalah sebuah proses perubahan kebiasaan yang
disebabkan oleh penambahan keterampilan, pengetahuan, atau sikap baru. Hal ini
menunjukkan bahwa setelah belajar peserta didik dapat menambah kemampuan dalam
tiga aspek utama, yaitu aspek keterampilan, aspek pengetahuan, dan aspek
sikap.
Sejalan dengan Roussel, Wittig dalam bukunya, Pshycology
of Learning, mendefinisikan belajar sebagai any relatively
permanent change in organism’s behavioral repertoire that occurs as a result of
experience’. Menurut Wittig, belajar dapat merubah perilaku suatu individu
yang cenderung bersifat permanen sebagai hasil dari pengalaman selama belajar.
Perubahan setelah kegiatan
belajar tentunya diharapkan mengarah pada hal yang positif atau lebih baik.
Semula tidak tahu menjadi tahu, tidak bisa melakukan sesuatu menjadi mahir dalam
melakukan sesuatu, serta memiliki perubahan sikap yang lebih baik dan positif.
2. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BELAJAR
Dalam bukunya yang berjudul Psikologi Pendidikan Suatu
Pendekatan Baru, Syah menyatakan bahwa terdapat tiga faktor yang
mempengaruhi belajar, diantaranya yaitu: faktor internal, faktor eksternal, dan
faktor pendekatan belajar. Untuk memiliki pemahaman lebih mendalam mengenai
faktor-faktor tersebut, di bawa ini akan dijelaskan secara lebih rinci.
1. Faktor Internal
Faktor internal merupakan faktor individu yang berasal dari dalam peserta
didik, meliputi kondisi jasmani dan rohani. Setiap individu yang sehat memiliki
kondisi fisik dan psikis yang sehat pula. Kondisi psikis sama pentingnya dengan
kondisi fisik dalam proses belajar. Kondisi psikis yang tidak sehat, seperti:
keadaan tertekan, tidak nyaman, takut, cemas, tidak bersemangat atau bosan
dapat menyebabkan proses belajar tidak optimal. Kemampuan tiap individu dalam
menangkap dan memproses informasi memiliki cara yang berbeda. Sebagian orang
akan lebih cepat menangkap informasi melalui mendengarkan (auditori), melihat
(visual), atau melakukan sesuatu/bergerak (kinestetik), seperti menyentuh atau
mempraktikan. Hal ini disebut dengan gaya belajar atau modalitas belajar.
Sedangkan kemampuan untuk mengolah informasi bergantung pada intelegensi
individu.
2. Faktor Eksternal
Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar individu, seperti
kondisi lingkungan belajar. Kondisi lingkungan belajar meliputi: kebersihan
ruang kelas, pencahayaan, sirkulasi udara yang cukup, iringan musik, penataan
tempat duduk, dan penataan ruang kelas. Kondisi ruang kelas yang kondusif
memberikan kenyamanan peserta didik selama proses belajar berlangsung.
3. Faktor Pendekatan Belajar
Faktor pendekatan belajar adalah pendekatan pembelajaran yang digunakan
dalam pembelajaran. Faktor ini mempengaruhi proses interaksi
saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Interaksi dalam proses
belajar terjadi secara dua arah, yaitu antara peserta didik dengan
peserta didik atau peserta didik dengan guru. Seorang guru harus mampu
melibatkan peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran
agar kegiatan belajar yang dilakukan menjadi bermakna. Penggunaan pendekatan
belajar yang tepat akan membuat belajar menjadi bermakna.
Berdasarkan penjelasan beberapa ahli di atas, pengaruh belajar pada individu dapat merubah perilaku dan pengetahuan, baik dari aspek pengetahuan, keterampilan, maupun sikap yang perubahannya cenderung bersifat permanen. Hasil belajar akan lebih maksimal jika dalam kegiatan pembelajaran memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi proses belajar peserta didik.
Sekian penjelasan ringkas tentang pengertian belajar menurut para ahli dan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi belajar. Semoga dapat bermanfaat (و •̀ ᴗ•́ )و
Tidak ada komentar:
Posting Komentar